-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SAMBUT 1 SURO / 1 MUHARAM 1440 HIJRIYAH WARGA KAMPUNG SIDOHARJO GELAR BERAGAM ACARA

Wednesday, September 12, 2018 | September 12, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-09-12T03:29:15Z

  (beng-beng numpang action)

Sidoharjo, Penawartama – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah (1 Suro) warga masyarakat Kampung Sidoharjo menggelar berbagai acara, mulai dari Do’a bersama, Pengajian, Qotmul Qur’an, sampai dengan gelar budaya (Kuda Lumping), hari ini, Selasa 11 September 2018 dilingkungan RT.001/RW.001 Kampung Sidoharjo.


Acara ini dilakukan dan di inisiasi oleh warga masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, selain untuk meningkatkan tali silaturrahmi antar warga juga sekaligus mempertahankan tradisi leluhur secara turun temurun dimana dalam pelaksanaanya acara ini dibiayai atas partisipasi dan swadaya masyarakat.
Satu Suro adalah hari pertama dalam kalender jawa di bulan Suro, dimana bertepatan dengan Satu Muharam dalam kalender hijriyah.
Pagelaran budaya tradisional kuda lumping dalam meyambut satu suro dan satu muharam kali ini diselenggarakan di dua tempat dengan dua waktu yang berbeda yaitu, pada tanggal 11/9/2018 di lingkungan RT.001/RW.001 dan pada tanggal 16/9/2018 di lingkungan RT.014/RW.003 Kampung Sidoharjo.
Pada kesempatan ini Kepala Kampung Sidoharjo mengatakan tradisi tahun baru Islam yang disebut masyarakat jawa sebagai perayaan Satu (1) Suro patut diselenggarakan. “Momentum tahun baru Islam ini, harapanya menjadi perbaikan diri dan terhadap sesama. Selain itu Kepala Kampung juga mengajak warga untuk selalu menjaga kamtibmas, menjunjung tinggi adat istiadat budaya, saling menghargai, saling menghormati dan tetap menjaga tali silaturahmi serta bersama-sama dalam menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif apalagi menyongsong tahun politik pileg dan pilpres 2019.

#TULANGBAWANGMENDUNIA 
#KAMPUNG_SIDOHARJO_PENAWARTAMA 

Sumber Artikel: website resmi desa sidoharjo (sidoharjo.desa.id )
×
Berita Terbaru Update