-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PENIPUAN LEWAT TELPON dengan modus HADIAH DARI OVO

Wednesday, October 31, 2018 | October 31, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2019-02-22T14:35:53Z
Hari ini Rabu tanggal 31 Oktober 2018 sekitar pukul 10:35 ada kejadian yang mungkin bisa kita jadikan sebagai pelajaran dan lebih berhati-hati kedepannya.

Kejadian ini menimpa Saya sendiri yaaa....bukan orang lain.

Secara singkat begini kronologinya :

"saya mendapat telepon dari orang yang tidak saya kenal. Katanya saya dapat hadiah Rp 500.000 dari aplikasi OVO. "

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa OVO merupakan sebuah aplikasi layanan pembayaran di beberapa MERCHANT online Store.

"Orang tersebut kemudian menanyakan kepada saya ,apakah sudah mendapatkan SMS PEMBERITAHUAN hadiah dari OVO dan saya jawab BELUM ."

Tidak lama kemudian di hp saya masuk Notifikasi dari OVO yang berisi kode OTP berupa beberapa angka.

"Orang tersebut lalu meminta saya untuk menyebutkan Kode OTP tersebut."

Sampai di sini saya sedikit heran.  Katanya mau dapat HADIAH Rp 500.000 tapi kok malah kode OTP yang saya terima.

Karena kalau yang sudah biasa berbelanja atau melakukan pembayaran dengan metode seperti ini pastinya paham. Apa itu fungsi dari OTP atau ONE TIME PASSWORD .

OTP tersebut gunanya untuk menyetujui pendebetan atau pembayaran atas TRANSAKSI yang anda lakukan .

Jadi intinya, Dengan adanya Notifikasi OTP ini, artinya bukan Mau ada Uang atau Hadiah yang masuk . Tetapi kebalikanya, malah Uang atau Saldo anda yang akan di TARIK atau Di belanjakan. (ngeri yaaa....)

"Dan Orang tersebut terus menanyakan berapa kode OTP nya dengan alasan supaya cepat bisa di proses hadiahnya."

Sampai disini saya sudah sadar bahwa ternyata Orang ini ingin menipu saya dengan dalih Hadiah.  Maka dengan tegas saya tidak menyebutkan Kode OTP tersebut.

"Setelah cukup lama ,akhirnya si penelepon tadi ngomong begini, MAU DI AMBIL TIDAK HADIAH NYA, dan saya jawab TIDAK USAH.

Setelah itu si penelpon tersebut melontarkan kata kata menggunakan Bahasa PLANET yang saya sendiri tidak tahu artinya .

Hmmmmmm.......mboh ora mudeng lah.

 

Jadi intinya kita harus selalu waspada yaa dengan masih berkeliarannya PENIPUAN dengan modus iming iming mendapatkan hadiah melalui telepon.

 

Semoga bermanfaat .

 
×
Berita Terbaru Update